Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Thursday 26 November 2015

    Formasdes Wonosobo: Dana Desa Harus Diimbangi SDM

    Ilustrasi
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Desa sudah mendapatkan dana yang terbilang besar sesuai dengan kriterianya. Hal itu karena mengacu pada UU desa. Namun, masih banyak desa yang mengalami masalah, SDM yang menjadi masalah utama.

    “Tiga hari yang lalu saya ikut pelatihan RPJMdes tetapi ada yang miris ketika desa-desa pinggiran curhat. Ternyata SDM masih jadi masalah utama. Karena, dana besar juga harus diimbangi dengan SDM. Sebab, jika SDM nya tidak seimbang, maka muncul persoalan yang ada didesa,” ujar Presedium Formasdes Kabupaten Wonosobo, H. M. Muttaqin dirumahnya, Rabu (25/11/2015).

    Menurutnya, pemberian dana desa sesuai amanah UU Desa bisa gagal apabila dana besar belum bisa mensejahterakan warga dan juga warga migran meningkat. Artinya, dari sektor ekonomi dana besar ke desa belum menyentuh kebutuhan pokok/dasar warga menengah ke bawah sehingga lari ke kota.

    Sebenarnya adanya dana besar desa bisa berbuat banyak menuju desa berdaya dan mandiri. Sektor SDM wajib ditingkatkan. Sehingg dana besar jadi anugrah bukan nambah musibah.  “70 persen untuk pemberdayaan masyarakat untuk sektor ekonomi porsine tambahi jadinya dana desa berkembang dalam bentuk usaha desa dan usaha warga agar produktif sehingga ekonomi warga meningkat,” tuturnya.

    Dalam hal ini, pemerintah daerah juga hadir. Perannya memiliki target untuk merubah desa yang dulunya masuk kategori tertinggal. “Pemkab harus punya indicator desa tertinggal,. berkembang dan mandiri. Dan tiap tahun harus ada target dalam merubah kondisi desa. Supaya, dengan adanya dana besar, desa bisa mengalami peningkatan,” tuturnya.  

    Adanya UU desa seharusnya desa itu mandiri. Namun, untuk saat ini perlu adanya dorongan dari pemerintah daerha. “

    Tapi untuk saat ini pemkab harus berperan dan ada rumusan yang jelas dari pemkab untuk merubah desa dari tertinggal menjadi berkembang, berkembang menjadi desa mandiri,” terangnya.

    Pihaknya yakin, pemerintah daerah sudah memiliki data ataupun memahami kondisi desa yang sebenarnya. Karena, masih banyak desa yang belum memiliki SDM yang mumpuni. “Memang sudah ada desa dengan SDM yang baik, tetapi masih banyak juga desa yang SDM nya dibawah rata-rata,” tuturnya.

    Oleh karena itu, sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk mengatasi persoalan tersebut. Agar dan besar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Red-HW99/Foto: Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Formasdes Wonosobo: Dana Desa Harus Diimbangi SDM Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top