Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 25 November 2015

    PKB Wonosobo Perkuat Kader Lewat PKP

    Ali Anshori sedang memberikan paparan kepada 100 calon kader pertama di di balai desa Wringinanom, Kecamatan Kertek, Selasa (24/11).
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedang gencar melakukan penguatan kaderisasi. Hal itu dilakukan untuk memperkuat partai menjadi partai modern dan memiliki kader militan berbasis kultur.

    Pembicara dalam seminar kebangsaan FPKB MPR RI, Ali Anshori mengatakan, selama ini untuk menjadi kader PKB cukup dengan membuktikan KTA. Tetapi, model tersebut akan dirubah dengan cara proses kaderisasi melalui Pendidikan Kader Pertama (PKP) dan dilanjutkan dengan Pendidikan Kader Menengah (PKM) hingga Pendidikan Kader Atas (PKA).

    “Selama ini kader PKB baru dibuktikan dengan KTA. Tetapi,  PKB ingin menjadikan partai modern dan kader berbasis kulture. Untuk itu pada tahap pertama akan merekrut sebanyak 1500 kader yang ikut dalam proses kaderisasi PKP,” tuturnya disela-sela pelatihan kader pertama di Kertek, Selasa (24/11).

    Menurutnya, kedepan untuk bisa menjadi kader maka harus bisa membuktikan keikutsertaannya dalam proses kaderisasi. Tahapan-tahapan itu harus dilalui untuk bisa menjadi kader. “Tahapan PKP, PKM dan PKA harus dilalui. Karena, pelatihan ini memberikan pembekalan sekaligus menjadikan media pendidikan politik,” tuturnya.

    Setiap pelatihan mendatangkan 100 kader dari setiap ranting. Mereka akan dibekali mengenai ilmu politik, cara mengorganisasikan partai, tujuan partai serta mabda’ siyasy partai. “Peserta pendidikan sebanyak 100 orang kader dalam setiap pelatihan. Sehingga untuk delapan kali pelatihan akan tercetak 1500 kader militan. Dan insayaalh kegiatan ini akan  dilaksanakan diseluruh kecamatan agar pesebaran kader bisa merata setiap kecamatan,” tuturnya.

    Target PKP adalah untuk mencetak kader-kader partai yang idiologis, militan dan mampu menjembatani konstituen dengan partai serta mampu menggerakkan kekuatan partai dalam setiap konstestasi politik termasuk pilkada 9 desember mendatang. “Kami ingin menciptakan kader PKB yang memiliki kemampuan untuk menjadi jembatan antara konstituen dengan partai,” tuturnya.

    Kegiatan PKP ini sudah menjadi program DPP PKB yang sudah berjalan satu tahun terakhir ini. Sebelumnya sudah ada  kegiatan pelatihan atau pendidikan kader partai tetapi dalam bentuk berbeda. “Melalui pendidikan kader pertama ini PKB berkomitmen untuk memperkuat kaderisasi partai. Sehingga masyarakat memilih partai lebih didasarkan pada pertimbangan idiologis bukan kepentingan pragmatais semata,” tuturnya.

    Materi yang disampaikan diantaranya adalah tentang dasar-dasar politik (mabda’ Siyasy Partai, tujuan politik, pengorganisasian masyarakat. Pembicara dalam seminar tersebut adalah fasilitator nasional yakni Eman Hermawan, Hasanaul Wahid, Ali Anshori dan fasilitator lainnya.  Mereka memberikan paparan sesuai dengan bidangnya masing-masing. (Red-HW12/Foto: Jam/Harian Wonosobo).

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PKB Wonosobo Perkuat Kader Lewat PKP Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top