Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 11 August 2015

    Musim Panen Tembakau, Pesanan Mesin Rajang Tembakau di Wonosobo Membludak


    Mesin rajang tembakau yang dipakai warga
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Menjelang musim panen tembakau, pengrajin mesin perajang kebanjiran order. Pesanan berdatangan dari para petani di wilayah Wonosobo, Temanggung, Magelang bahkan sampai Jawa Timur.

    “Sampai saat ini sudah ada 50 mesin yang di pesan oleh petani dari dalam kota dan luar kota,” ungkap Wahyu Setiawan pengrajin Mesin Rajang Tebakau CW Kusuma asal Dusun Sambon Desa Sumberdalem, kecamatan Kertek di sela kesibukannya membuat mesin rajang, Selasa (11/8/2015).

    Menurutnya, pesanan tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Karena pada tahun ini diperkirakan musim panen tembakau lebih menjajikan.

     “Makanya sampai kewalahan karena butuh dua hari mesin bisa selesai dikerjakan. Sementara para pemesan minta secepatnya jadi, agar segera digunakan. Akhirnya banyak pesanan yang tidak disanggupi karena terbentur waktu," katanya kepada Harian Wonosobo.

    Untuk mesin rajang tembakau, harganya bervariasi, mulai dari  harga termurah Rp5juta sampai Rp7,5juta. Harga mesin tergantung kualitas, model dan spesifikasi mesin tersebut. 

    Senada dengan pengrajin gobang asal pangempon lor Desa Sumberdalem Sugiarto yang mengaku, kuwalahan dengan banyaknya pesananan gobang yang di pesan oleh petani langsung atau para industri mesin Rajang tembakau karena cuma di bantu dua orang pekerja hanya bisa 5 sampai 6 buah dalam seharinya dengan pathokan harga dari Rp200ribu sampai dengan 300ribu sesuai bentuk dan kwalitas gobang tersebut.

    “Karena banyaknya pesanan gobang sehingga saya sampai tidak bisa memenuhi pesanan cangkul para petani lokal dan tengkulak” tuturnya.

    Kebutuhan alat perajang tembakau ini sangat mendesak karena petani sudah mulai panen, tambahnya.

    Dengan inovasi Rajang tembakau yang menggunakan mesin dinamo listrik ini sehingga menggeser alat perajang tradisional yang cuma mengandalkan tenaga manusia saja, selain itu juga mengurangi biaya operasional tenaga perajang. (red-HW44/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Musim Panen Tembakau, Pesanan Mesin Rajang Tembakau di Wonosobo Membludak Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top