Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Tuesday 11 August 2015

    Kelompok Tani Wonosobo Dilatih Manfaatkan Batang Pisang


    Pelatihan mengelola batang pisang, kemarin.
    Wonosobo, Harian Wonosobo – UPT Penyuluhan dan Pelayanan Terpadu Pertanian dan Perikanan Kecamatan Mojotengah Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo memberikan pelatihan kepada kelompk tani Kuncuk Selaras dusun Kleyang Gunung, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah untuk memanfaatkan batang pisang. Sebab, batang pohon pisang bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan sawah.

    “Kami secara khusus dilatih membuat pupuk dari batang pisang. Awalnya kami tak menyangka jika batang pisang bisa digunakan untuk membuat pupuk,” kata ketua kelompok tani kuncup selaras, Abidin di sela-sela pelatihan, Selasa (11/8/2015). 

    Menurutnya, untuk menyiasati harga pupuk yang semakin mahal, petani bisa memanfaatkan batang pohon pisang untuk menyuburkan sawah. Sebelum ditebar di areal persawahan terlebih dahulu batang pohon pisang tersebut dibusukkan.

    ''Harga pupuk semakin mahal, petani tentu akan merasa berat. Sekarang saya coba pakai batang pisang untuk pupuk, untuk mengurangi ukuran pupuk yang biasa,”ujarnya.
     
    Menurutnya, pupuk yang biasa dipakai untuk tanaman padi seperti urea, TSP, dan NPK. Hanya saja karena keterbatasan dana, hanya membeli pupuk campuran urea, TS dan organik yang dijual di warung.

    ”Sebenarnya bisa menghemat biaya untuk pemupukan,” katanya. 

    Petugas Lapangan UPT Penyuluhan dan Pelayanan Terpadu Pertanian dan Perikanan Kecamatan Mojotengah Slamet mengatakan apabila pemanfaatan batang pohon pisang sebagai pupuk, merupakan terobosan cukup bagus. Namun demikian ia mengatakan bahwa pemanfaatan batang pohon pisang tersebut tidak bisa menggantikan pupuk organik.

    ''Apabila sebatas diaplikasikan sendiri oleh petani, itu bagus. Batang pohon pisang tersebut juga tentu tidak bisa menjadi substitusi atau pengganti pupuk organik,'' tuturnya.

    Menurutnya, tindakan mengurangi penggunaan pupuk kimia atau unorganik menjadi pupuk organik, patut dijadikan contoh. Namun demikian butuh sentuhan teknologi untuk mengetahui pengaruh batang pohon pisang sebagai pupuk terhadap tanaman padi.

    ''Jadi saya kira bukan karena terdesak, tetapi karena memang kreatif. Batang pohon pisang itu nantinya akan membusuk, dan menjadi pupuk alami.'' tuturnya.

    Menurutnya, pelaihan ini dimaksudkan supaya petani memiliki bekal dalam proses membuat pupuk organik. Sehingga, mampu menghasilkan pupuk dengan harga murah dan bahan dasar di sekitar. (red-HW22/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kelompok Tani Wonosobo Dilatih Manfaatkan Batang Pisang Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top