Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 24 August 2015

    Lomba Mata Pelajaran Islam dan Seni Islam (MAPSI) Naik Tinggi

    Lomba MAPSI cabang MTQ
    Wonosobo, Harian Wonosobo – Peminat Lomba Mata Pelajaran Islam dan Seni Islam (MAPSI) untuk cabang Musabaqah Tahfidz Quran Naik 80 Persen. Naiknya peminat itu membuktikan bahwa pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) semakin menekuni dan menykai al Quran.

    “Untuk lomba MAPSI tahun 2015 ini yang mengalami peningkatan peserta adalah dalam cabang lomba Musabaqah Tahfidz Quran. Sebab, pada lomba MAPSI tahun 2014 peserta untuk cabang lomba tersebut terbilang sedikit dan saat ini naik sampai 80 persen,” kata Sudani, M.Pd.I Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Wonosobo disela-sela perlombaan, Minggu (23/8/2015).

    Naiknya peserta didik dalam lomba tahfidz quran ini membuktikan jika ghiroh peserta didik di sekolah untuk mencintai al quran semakin besar. Sebab, pada tahun sebelumnya hanya ada sekitar 25 peserta yang ikut lomba tahfiz. “Pada tahun ini jumlah anak yang ikut tahfiz mencapai 40 an peserta. Dari situlah terbukti jika peminatnya semakin tinggi,” katanya kepada Harian Wonosobo. 

    Menurutnya, untuk lomba tahfidz quran setiap sekolah mengirimkan 2 orang dlegasi yang terdiri dari satu putra dan satu putri. Kemudian, peserta memberitahuna  dahulu kepada dewan juri juz yang akan dihafalkan. “Untuk juz yang akan dihafalkan juz I atau juz 30 sesuai dengan urutan suarh dalam alquran,” teranganya.

    Menurutnya, untuk ayat yang akan dibaca peserta ditentukan oleh dewan juri terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan oleh peserta dengan batasan yang ditentutakn oleh dewan juri sebanyak 3 kali. “Nanti untuk ayat yang akan dibaca ditentukan oleh dewan juri. Namun, juz nya dari peserta,” tuturnya. 

    Disebutkan, penilaian tahfidz ini meliputi tahfidz,lagu dan adab. Bahkan, bacaan tajwid juga menjadi salah satu kriteria penilaian. “Akan diambil 3 pemenang dari 40 peserta. Pemenang tahfidz akan dikirimkan untuk mengikuti lomba mapsi tingkat Provinsi,” jelasnya.  Ia juga mengharapkan, menghafal quran semakin digemari peserta didik karena memasyarakatkan quran ditengah-tengah anak didik. (red-HW58/Foto: Harian Wonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lomba Mata Pelajaran Islam dan Seni Islam (MAPSI) Naik Tinggi Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top