Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 18 April 2016

    Ternyata Perempuan Bisa Menjadi Kepala Desa, Siapa?

    Para peserta seminar politik perempuan Wonosobo.
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Ketua DPRD, Afif Nurhidayat termasuk yang sangat mengapresiasi forum dengan peserta mencapai 105 orang perempuan tersebut. "Sudah saatnya wanita memiliki peran lebih besar di kancah politik, termasuk untuk menjadi anggota dewan atau masuk ke parpol," ungkap Afif.
    Salah satu contoh yang disebut Afif layak menjadi teladan, selain dua anggota legislatif perempuan adalah para Kades di beberapa desa. "Ibu Goris sebagai Kades Banyumudal Sapuran,  dan Ibu Suprapti, Kades Kagungan Kepil, yang terpilih dengan suara mayoritas layak jadi contoh bagaimana seorang perempuan pun bisa berkiprah di ranah politik," sebut Afif.
    Kedua Kades perempuan yang turut hadir dalam seminar tersebut, menurut Afif seharusnya mampu membuka pemahaman para peserta seminar bahwa perempuan pun mampu mengemban amanah. Perlunya perempuan untuk lebih percaya diri untuk masuk ke ranah politik juga disuarakan Shofia Nugrahani. Pengamat politik perempuan yang juga mantan komisoner KPU tersebut menegaskan, bahwa pembahasan terkait keterwakilan perempuan di politik selayaknya tak sebatas pada jumlah semata. "Partai politik (Parpol) harus lebih didorong untuk bersedia berinvestasi dalam pengembangan kader perempuan mereka," papar Shofia. Parpol, dikatakan Shofia harus memberi ruang lebih lebar pada perempuan, termasuk dengan menambah porsi di struktur kepengurusan, agar mereka memiliki kesempatan belajar keterampilan di bidang politik. Kepercayaan kepada kaum perempuan, dari mulai level Parpol itulah, yang menurut Shofia akan mampu mendongkrak kualitas dan sekaligus kepercayaan diri kader-kader perempuan, sehingga mereka lebih kuat ketika harus berkompetisi di tataran politik demokratis. (HW/99/Usy Yudha/Harianwonosobo).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ternyata Perempuan Bisa Menjadi Kepala Desa, Siapa? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top