Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Wednesday 13 April 2016

    Masalah Sanitasi Lingkungan di Sembungan Belum Terpecahkan, Ada Yang Tahu?


    Sampah yang dibuang di Saluran Drainase juga sering menyebabkan genangan air di jalan utama desa Sembungan. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Desa Sembungan kini masyhur di seantero Dunia sebagai salah satu destinasi wisata sunrise terbaik se-Asia. Namun di balik keistimewaan tersebut, Sembungan ternyata menyimpan potensi permasalahan terkait sanitasi lingkungan yang cukup akut.  Apabila tak secepatnya dibenahi, kondisi minus desa tertinggi di Pulau Jawa itu bisa mengancam kesehatan tak kurang dari 1288 jiwa penghuninya. “Banyak sumur yang menjadi sumber air minum warga yang lokasinya berdekatan dengan septictank tetangga, sehingga jelas membahayakan kesehatan,” beber Fatoni, koordinator tim program peningkatan kualitas kawasan permukiman (P2KKP) Desa Sembungan, di depan puluhan warga yang mengikuti acara semiloka penataan desa wisata, kemarin.
    Dalam semiloka di salah satu gedung madrasah diniyah tersebut, Fatoni memang menguraikan cukup detail permasalahan lingkungan di Sembungan, yang memerlukan pembenahan secepatnya.
    Selain keberadaan sumur sumber air minum yang bersebelahan dengan septictank, Fatoni juga menyebut kebiasaan warga membuang sampah di saluran air memperburuk drainase. “Sampah dan limbah rumah tangga menumpuk di ruang terbuka dan saluran air desa, karena memang di Sembungan belum tersedia tempat sampah yang memadai,” lanjut Fatoni. (HW/99/Usy Yudha/Harianwonosobo). 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Masalah Sanitasi Lingkungan di Sembungan Belum Terpecahkan, Ada Yang Tahu? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top