Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Saturday 30 April 2016

    Inilah Manfaat Penghijauan Versi Tentara, Mau Tahu?

    Tentara sedang menghijaukan makam 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bertekad membudayakan hidup bersih dan sehat pada masyarakat melalui berbagai kegiatan kemanunggalan TNI-Rakyat dengan slogan Bersih-Hijau-Sehat. "TNI tak henti-hentinya menggelar kegiatan setiap akhir minggu dikenal dengan Jumat Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat. Seperti yang dilaksanakan Kodim 0707/Wonosobo menerima kiriman pohon mahoni, dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Serayu Opak Progo yang sudah di pesan  Kodim 0707/Wonosobo.
    Menurut Kapten inf Tukul sejumlah 1.200 bibit mahoni di pesan Kodim melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke Bapedes Yogyakarta. Untuk pemesanan selanjutnya Kodim bisa langsung ambil ke Bapedes Yogyakarta. " Karena itu melalui gerakan ini kami berharap bisa mengubah pola hidup masyarakat dari yang tadinya kurang peduli terhadap lingkungan, menjadi peduli terhadap lingkungan sekitar", ungkap Pasiter Kodim 0707/Wonosobo. (29/4)
    Ia menjelaskan, dari penghijauan yang dilaksanakan baik di pinggir jalan maupun di TPU, punya beberapa manfaat diantaranya, Manfaat Estetis (Keindahan) Pohon memiliki berbagai macam jenis, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karena itu bila disusun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok akan menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman. Struktur bangunan tanpa diimbangi dengan pohon-pohon akan terasa gersang, sebaliknya bila sekitarnya ditanam pohon serta ditata dengan baik akan nampak hijau dan asri.
    Manfaat Orologis, Akar pohon dengan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah. Manfaat Hidrologis ,Dalam hal ini dimaksudkan bahwa tanaman-tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.Manfaat Klimatologis, Dengan banyaknya pohon akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara di sekitarnya menjadi sejuk dan nyaman. Jadi secara klimatologis kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya. Manfaat Hygienis,  sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (Oksigen) yang sangat diperlukan manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (Karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia. "Apa yang kami sampaikan semoga bisa menginspirasi kaum muda khususnya dan masyarakat umumnya. Untuk tetap menjaga lingkungan hidup dengan penghijauan demi anak cucu kita" tegas Kapten Inf Tukul.(HW/07/Yudha/harianwonosobo)


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah Manfaat Penghijauan Versi Tentara, Mau Tahu? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top