Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Monday 2 May 2016

    Wabup Agus Subagiyo Belajar Tata Kelola Kendalikan Inflasi ke Takalar, Ada Apa?

    Kunjungan Wabub Wonosobo Agus Subagyo bersama rombongan ke Takalar di sambut baik. 

    Wonosobo, Harian Wonosobo - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Wonosobo berkunjung ke Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (2/5). Dipimpin oleh Wakil Bupati, Agus Subagiyo, kunjungan tersebut ditujukan untuk mempelajari tata kelola pengendalian inflasi di Takalar. “Kabupaten Takalar telah dua kali menerima penghargaan dari Presiden RI karena pengendalian inflasinya di Tahun 2015 bisa mencapai 5,4 %, dan pada akhir Maret 2016 ini, baru ada di angka 0,17 %, dan sejak Januari sampai Maret baru 1,52 %,” terang Wabup melalui rilis tertulis yang dikirim via surat elektronik.
    Penjelasan terkait pengendalian inflasi tersebut, menurut Agus diperoleh langsung dari Bupati Takalar, Buhanudin Baharudin dan Sekretaris Daerah Nirwana Nasrulloh. Potensi Kabupaten Takalar yang cukup dominan di sektor pertanian, dikatakan Agus Subagiyo juga mirip dengan Wonosobo. “Potensinya meliputi beras, cabe, kedelai, serta hasil kelautan seperti ikan, udang dan rumput laut,” lanjut Agus Subagiyo. Dibanding Wonosobo yang inflasi sampai Maret sudah mencapai 3,8 %, Wabup mengaku perlu sekali mempelajari tata kelola inflasi daerah ke Kabupaten Takalar.
    Bupati Takalar, menurut Wabup juga mengurai cara-cara mengurangi angka kemiskinan di daerahnya. “Prioritas pengentasan kemiskinan adalah dimulai dengan pembangunan rumah tak layak huni, dan selanjutnya adalah dengan membantu ekonomi warga, seperti dengan membantu hewan ternak, contohnya kambing dan ayam untuk dikembangkan,” urai Burhanudin. Sementara untuk menekan inflasi, Kepala Bagian Perekonomian Setda Takalar, Indro Sudibyo adalah dengan dengan menguasai situasi harga pasar dan apabila terjadi gejolak harga secepatnya diambil langkah penanggulangannya. “Caranya dengan mendatangkan komoditi dari luar daerah agar harga tetap stabil dan konsumsi masyarakat tidak terganggu,” urai Indro. Selain itu, penanggulangang inflasi daerah juga dilakukan dengan membuka kerjasama sentra perdagangan di Kabupaten tetangga. “Pemantauan harga dilakukan secara rutin dan intensif, sehingga apabila ada gejolak bisa langsung diketahui, “ pungkas Indro. (HW/99/Usy/Harianwonosobo). 


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wabup Agus Subagiyo Belajar Tata Kelola Kendalikan Inflasi ke Takalar, Ada Apa? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top