Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Friday 20 May 2016

    Inilah Cara Kodim 0707 Peringati Hari Kebangkitan Nasional

    Kodim 0707 Wonosobo peringakati Hari Kebangkitan Nasional. 
    Wonosobo, Harian Wonosobo - Kodim 0707/ Wonosobo melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke- 108 tahun 2016,  yang di laksanakan di halaman makodim 0707/ Wonosobo yang diikuti seluruh anggota baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pns Kodim 0707/ Wonosobo,Jum’at (20/5).
    Bertindak sebagai Irup Kakanminvetcad IV/12 Wonosobo Mayor Inf Mujono membacakan amanat Upacara dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia antara lain, setiap tanggal 20 Mei bangsa ini memperingati Hari Kebangkitan Nasional hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Salah satu inspirasi yang bisa kita serap dari berdirinya Boedi Utomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik, memiliki jiwa Nasionalisme Kebangsaan, dan memiliki cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.
    Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai. Sejak diproklamirkannya Kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati, yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun. Komitmen terhadap NKRI ini penting saya tegaskan kembali pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108, mengingat setelah sekian lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tidak selangkah pun surut. Bahkan melalui kemajuan teknologi digital, ancaman Radikalisme dan Terorisme, misalnya  mendapatkan medium baru untuk menyebarkan paham dan praktiknya.
    Tantangan tantangan baru yang muncul di depan kita tersebut memiliki dua dimensi penting, yaitu kecepatan dan cakupan. Tentu kita tidak ingin kedodoran dalam menjaga NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir-anasir ancaman karena tidak tahu bagaimana mengambil sikap dalam konteks dunia yang sedang berubah ini. Oleh sebab itu saya memandang penting tema “ MENGUKIR MAKNA KEBANGKITAN NASIONAL DEGAN MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BEKERJA NYATA MANDIRI DAN BERKARAKTER “ yang di angkat untuk peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2016. Dengan tema ini kita ingin menunjukan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini, harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter. Proklamator dan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, pernah menekankan tentang pentingnya membangun karakter bangsa. Menurut Beliau “ Membangun suatu Negara, membangun ekonomi, membangun tehnik, membangun pertahanan, adalah pertama-tama dan pada tahap utamanya, membangun jiwa bangsa. Tentu saja keahlian adalah perlu, tetapi keahlian saja tanpa dilandaskan pada jiwa yang besar, tidak akan dapat mungkin mencapai tujuannya”. Demikian juga tentang pentingnya kerja nyata kita, Bung Karno berpesan bahwa “ Amal semua buat kepentingan semua, Keringat semua buat kebahagiaan semua. Holopis kuntul baris buat kepentingan semua”.
    Pembangunan mental dan karakter bangsa menjadi salah satu prioritas utama pembangunan pemerintahan Indonesia sekarang ini, pembangunan karakter tidak hanya di jajaran birokrasi pemerintah, tetapi juga pada seluruh komponen masyarakat. Momentum Harkitnas ini juga harus mampu membangkitkan kembali nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada dengan menggelorakan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air serta  diberikan kemampuan mempertahankan NKRI,dan Kejayaan bangsa Indonesia. ( HW/07/Pendim 0707/Harianwonosobo )




    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah Cara Kodim 0707 Peringati Hari Kebangkitan Nasional Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top