Iklan

Iklan

iklan

iklan
  • Berita Terkini

    Sunday 24 July 2016

    Ribuan Burung Kicauan Merdukan Kalianget, Kok Bisa?

    Dewan juri sedang menilai kicauan burung di Lapangan Kalianget. 

    Wonosobo, Harian Wonosobo - Lomba burung berkicau tingkat Nasional yang digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi Wonosobo ke-191 mendapat respon sangat positif. Tak kurang dari 1500 burung kicauan mendaftar menjadi peserta lomba, atau melebihi target panitia hingga 2 kali lipat. "Awalnya kami hanya mencetak 700 tiket pendaftaran, tapi ternyata antusiasme para penghobi burung luar biasa sampai akhirnya kami cetak ulang hingga 1.500 an lembar tiket," terang Imron Hafifi, salah satu panitia lomba saat ditemui di lokasi lomba, Lapangan Taman rekreasi Kalianget, Minggu (24/7). Menurutnya, membludak nya minat para hobiis burung kicauan tersebut di luar prediksi panitia, terlebih banyak sekali peserta yang datang dari berbagai Daerah di luar Wonosobo, bahkan dari beberapa Kota luar Provinsi.
    Imron juga menjelaskan bahwa dalam lomba tersebut, pihaknya membagi peserta dalam lima kelas, yaitu Kelas Bupati, Kelas Wabup, Kelas Pariwisata, Kelas Damai Indonesia, dan kelas BC. "Masing-masing kelas tersebut memperebutkan besar an hadiah yang berbeda," kata Imron. Dari sisi nilai burung yang dilombakan pun, Imron mengakui rata-rata peserta membawa burung berharga jual sangat tinggi. "Kebanyakan berada di kisaran ratusan juta, dan bahkan ada jenis lovebird yang menurut pemiliknya dihargai sampai lebih dari 1 Milyar Rupiah," ujarnya. Namun demikian pihak panitia menepis kategori harga burung tersebut sebagai indikator lomba, karena unsur penilaian lebih dititikberatkan pada suara kicauan, power dan ketenangannya saat lomba berlangsung.
    Melihat besarnya antusiasme peserta, Imron mengaku sangat berharap di tahun-tahun mendatang akan digelar lagi lomba serupa. "Ini juga demi mengoptimalkan potensi ekonomi dari burung kicauan karena di Wonosobo sendiri, ada lebih dari 500 penghobi burung kicauan," ungkapnya. Efek dari adanya lomba, terlebih di level Nasional, ditegaskan Imron sangat banyak, seperti keuntungan yang diraih penjual makanan burung, kandang burung, sampai pada pernak-pernik asesorisnya. "Dari sisi Pariwisata, juga bagus karena menambah antusiasme pengunjung yang ingin menyaksikan secara langsung," pungkas Imron. (HW/99/Kang Emil/Harianwonosobo). 

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ribuan Burung Kicauan Merdukan Kalianget, Kok Bisa? Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top